PEMBUKAAN MPLS PESERTA DIDIK BARU DI TENGAH PANDEMIK COVID-19.

  • Admin
  • Selasa, 13/07/2021
  • Umum
  • 71 hits

<!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]-->PEMBUKAAN MPLS PESERTA DIDIK BARU DI TENGAH PANDEMIK COVID-19.

 

 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan sebelum dimulainya kegiatan pembelajaran, untuk memperkenalkan program satuan pendidikan, sarana dan prasarana, cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri dan pengenalan kultur sekolah.

Setelah mencermati kondisi terkini penyebaran COVID-19 di Kota Ternate, maka  MPLS SMA Negeri 2 Kota Ternate Tahun Ajaran 2021/2022 masih dilaksanakan secara Daring media yang dapat digunakan, seperti, whatsapp, Apk Zoom  dan lain-lain., sebagaimana yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Pelaksanaan MPLS harus sesuai dengan yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 tahun 2016 tentang Masa Pengenalan Lingkungan sekolah bagi peserta didik Baru,

            Penyelenggaraan MPLS di sekolah di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini hendaknya disikapi dengan bijak. Penyelenggaraannya yang efisien dengan prinsip murah, mudah, meriah, dan masal sehingga tidak menyulitkan para peserta, diyakini dapat menjadikan program ini berkualitas.”

            Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib di dalamnya. Hal inipun dalam rangka mempersiapkan mereka untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik. Kemudian memperkenalkan dan menyatukan siswa dengan warga sekolah lainnya dalam rangka membangun lingkungan sosial yang menyenangkan, inspiratif, edukatif, dan kondusif;

Tujuan selanjutnya adalah, menanamkan wawasan wiyata mandala sehingga siswa baru memahami hak dan kewajibannya, termasuk memahami fungsi dan peran sekolah, guru, siswa dan masyarakat lingkungan sekolah. Semuanya dalam rangka mewujudkan visi, misi, dan tujuan pendidikan secara komprehensif dan berkelanjutan. Seterusnya adalah menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri peserta didik baru.

Sehingga kegiatan yang menjadi momen diawalinya tahun pelajaran di setiap sekolah seyogyanya harus dimanfaatkan siswa baru untuk mengenal lingkungan institusi pendidikan secara utuh sebagai upaya adaptasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di jenjang yang lebih tinggi.

            Dalam sambutannya SAKINA BAHMID,S.Pd. selaku kepala sekolah mengatakan Keluarga besar SMA Negeri 2 Kota Ternate mengucapakan selamat kepada seluruh anak-anak peserta didik baru kelas X (sepuluh)  dan selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar SMA Ngeri 2 Kota Ternate.

Mengawali tahun pelajaran 2021/2022 seluruh peserta didik baru wajib mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).  Namun pada tahun ini kegiatan MPLS dilaksanakan berbeda. Pandemi Covid-19  saat ini masih terus menjadi perhatian kita semua sehingga untuk menghindari menularnya wabah ini kegiatan MPLS kita gelar secara virtual murni. Termasuk kegiatan MPLS ini kita lakukan secara virtual murni. Kami berharap para siswa bisa mengikuti MPLS daring ini dengan semangat dan sungguh-sungguh dan orang tua siswa tetap memantau dan membimbing anaknya mengikuti proses pengenalan lingkungan sekolah secara daring ini. Kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir dan kita dapat beraktifitas kembali seperti sediakala. Amin..amim yaa rabbal alamin.

Selama kegiatan ini berlangsung kami berharap peserta didik baru dapat memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan, mengenal teman-teman baru, para guru dan karyawan, seluruh komponen sekolah beserta norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya. Dan yang paling utama adalah mengenal lingkungan sekolah sebagai wawasan wiyata mandala tempat kalian belajar selama tiga tahun kedepan.

: tanpa label

KOMENTAR

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.